12/24/09



Pada dasarnya motif merupakan pengertian yang meliputi penggerak. Motif berasal dari bahasa latin movere yang berarti bergerak .Disamping istilah motif tersebut,dikenal pula istilah motivasi. Motivasi merupakan istilah yang lebih umum yang menunjuk pada seluruh proses gerakan itu.Termasuk di dalamnya situasi yang mendorong,dorongan yang timbul dalam individu,tingkah laku yang ditimbulkan oleh situasi tersebut,dan tujuan atau akhir daripada gerakan atau perbuatan.

Istilah motivasi baru digunakan sejak awal abad kedua puluh. Konsep motivasi terinspirasi dari kesadaran para pakar ilmu,terutama pakar filsafat bahwa tidak semua tingkah laku manusia dikendalikan oleh akal,akan tetapi tidak banyak perbuatan manusia yang dilakukan di luar control manusia .

Motivasi menurut M.Utsman Najati adalah kekuatan penggerak yang membangkitkan aktivitas pada makhluk hidup, dan menimbulkan tingkah laku serta mengarahkannya menuju tujuan tertentu.

Motivasi menurut Hoy dan Miskel adalah kekuatan yang kompleks,dorongan-dorongan,kebutuhan-kebutuhan,pernyataan-pernyataan, ketegangan, atau mekanisme-mekanisme lainnya yang memulai dan menjaga kegiatan-kegiatan diinginkan kearah pencapaian tujuan-tujuan personal.

Beberapa pakar psikologi ada yang membedakan istilah motif dan motivasi,di bawah ini akan dipaparkan beberapa definisi sebagai berikut:
“Motive is a need aspiration,ambision,or purpose.Motive initiate behavior.Motivation is a term which refered “set” or drive within the organism which impel to action.”(Henry E.Garret,General Psychology).
“Motive is a drive or force within the organism that activates behavior or directs it toward a goal.To be more specific.Motivation refers to the dynamics or behavior,the process of initiating,sustaining and directing activities of the organism.”(Dennis Coon,Introduction to Psychology-Exploration and Aplication)
“Motive see drive,drive is stimulti that arise form a need and direct the organism toward a goal,the first state of the motivation process;also called motive.Motivation is general term that refer to drives behavior that seek to fulfil a need”(Silverstone,psykologi)

Untuk selengkapnya silahkan download file pdfnya di sini, mohon maaf klao isinya kurang, tapi untuk kelas orang awan kaya saya udah ckup bikin puyeng lo bikin tu makalah. Hehehe...ni makalah aku ngerjainya sambil ngantuk² gitu :D thank buat temen2 yang udah bantu terutama buwat kopimanis.



my business said...

nice article friend,, i hope u send comment back in my blog+exchange link in my blog,,u link in my blog,, check in now thanks im waiting

gadi said...

thank hhoho...

2 Comment On Mengenali motif & motifasi (Psikologi Umum) [+] Post a Comment